Menanam Kangkung itu Mudah.

Menanam Kangkung itu Mudah.


Kangkung adalah salah satu sayuran yang sangat disukai oleh berbagai macam kalangan masyarakat, dari kalangan atasa sampai kalangan bawah. Bagi saya, kangkung adalah sayuran yang mengandung berbagai macam vitamin, nutrisi dan gizi yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, kangkung adalah sayuran yang sangat merakyat karena harganya murah dan mudah didapatkan oleh semua orang. Daripada hanya membeli kangkung, mari kita mencoba menanam kangkung dipekarangan sekitar rumah maupun di dalam pot.

Bahan dan alat menanam kangkung  :

  •  Sebidang Tanah

  • Bibit kangkung

  • Sekam atau pasir

  • Baskom atau pot 2 buah ( 1 pendek dan 1 tinggi ) ataupun polibeg

  • Air

Caranya, bersihkanlah terlebih dahulu sisa lahan yang akan ditanami kangkung dari rumput liar. Bila tanah di rasa kurang cukup subur, anda bisa menggemburkan tanahnya terlebih dahulu. Gemburkan tanah dan campur dengan pupuk kandang.

 

Setelah tanah cukup gembur dan di beri pupuk kandang, buatlah lahan menjadi 3 baris atau dapat juga disesuaikan dengan sisa lahan halaman yang ada. Tinggikan tanah sesuai baris tersebut sekitar 10 cm hingga 30 cm, kemudian buatlah lubang dengan kedalaman kira kira 10 cm dan jarak antar lubang sekitar 20 cm. Disetiap lubang tersebut dimasukan 4-5 bibit kangkung, kemudian tutup kembali lubang tersebut dengan tanah.

Perawatan selanjutnya adalah menyiram tanaman kangkung secara rutin, siramlah tanaman kangkung di waktu pagi dan sore hari. Bila tanah yang anda miliki cukup subur, maka kangkung akan mulai dapat di panen saat berumur 3 minggu hingga 1 bulan. Anda dapat menjual kangkung tersebut ketetangga atau dimasak langsung untuk keluarga tercinta. Ataupun dapat dikonsumsi sendiri, supaya uang belanja lebih hemat.

Selamat mencoba dan manfaatkan hasilnya. 


0 komentar:

Posting Komentar