Bimbingan Belajar dan Orangtua

Ada banyak alasan, mengapa orangtua menyerahkan seorang anak kepada suatu bimbingan belajar maupun privat untuk membantu anak mereka belajar diluar sekolah. Diantaranya adalah :

1. Karena orangtua seorang pekerja keras, sehingga tidak mempunya waktu untuk membantu mereka belajar.

2. Karena orangtua tidak sepenuhnya menguasai pelajaran anak anak mereka.

3. Karena orangtua menginginkan tambahan pelajaran maupun materi untuk anaknya.

Mungkin salah satu diantara ketiga alasan tersebut adalah alasan para orangtua untuk menyerahkan anak anaknya pada sebuah bimbingan belajar. Namun, dengan adanya sebuah bimbingan belajar bukan berarti tugas orangtua selesai.Dengan adanya bimbingan belajar maupun privat, seharusnya orangtua juga ikut serta salam mengawasi pembelajaran anaknya.

Terkadang, ada orangtua yang menyatakan jika anaknya mengikuti sebuah bimbingan belajar maupun privat maka anaknya akan mendapatkan nilai terbaik dan nilainya akan selalu memuaskan. Tetapi pada kenyataannya tidak begitu, karena bimbingan belajar maupun privat adalah sebuah tempat pembelajaran yang memberikan fasilitas belajar di luar jam sekolah. Bagi saya, orangtua yang mempunyai pandangan seperti itu, seharusnya memahami lagi adanya suatu bimbingan belajar maupun privat. Karena, pada bimbingan belajar, memberikan sebuah pengajaran dan fasilitas dalam belajar, bukan sebagai pencipta nilai. Nilai yang didapatkan anak berasal dari anak tersebut bukan dari seorang pendidik mentor. Ketika seorang anak telah menyatakan bahwa dirinya sudah bisa dan mampu, maka para mentor akan melanjutkan pelajaran di bab berikutnya. Dari permasalahan ini, diharapkan untuk para orangtua memantau cara belajar anak diluar sekolah dan bimbingan belajar. Karena meskipun seorang anak telah mengikuti bimbingan belajar maupun privat , tugas anak dalam belajar belum selesai, setidaknya orangtua  memberikan tambahan sedikit pelajaran dirumah atau sekedar tanya jawab untuk meningkatkan pengetahuan anak dan menguatkan daya ingat anak. Sekedar berbagi info saja ^__^

0 komentar:

Posting Komentar